Langsung ke konten utama

Komitmen Dengan Diri Snediri

hello guys, :) sudah sangat lama saya tidak posting di blog tercinta ini setelah lulus dari SMA, mungkin terakhir kali saya menulis ketika kelas tiga SMA, dan sekarang saya sudah berhasil menginjak ke jejang yang kebih tinggi lagi yaitu perguruan tinggi. status saya sekarang bukanlah seorang siswa lagi, tapi mahasiswa, cukup menyenangkan bagi saya, seperti keluar dari sangkar burung, saya bebas terbang kemanapun.
bebas ? apakah arti bebas itu ?

mungkin perlu analisis lebih dalam mengenai kata tersebut, kata itu seperti halnya sebuah kemerdekaan, kemerdekaan untuk sebuah kehidupan. namun perlu diketahui bahwa kata sederhana itu bisa akan sangat berbahaya jika kita tidak mempunyai visi dan misi dalam hidup kita.
itu artinya jika kita menyalahgunakan kebebasan itu maka kita akan terjerumus ke lubang yang tidak siinginkan :D

sekedar berbagi pengalaman,
menjadi mahasiswa memang menyenangkan, dimana tidak ada seorang pun  yang mampu mengatur diri kita, mahasiswa bebas melakukan apapun, dan itu artinya ketika kita melakukan kesalahan tidak akan  ada seorang pun yang akan mengingatkan. sangat berbeda dengan di masa SMA dimana kita sebagai seorang siswa selalu diatur dan mendapatkan peringatan maupun hukuman ketika melakukan sebuah kesalahan. namun sebagai seorang mahasiswa yang mampu untuk mencegah hal negatif atas kebebasannya dibutuhkan sebuah komitmen dengan diri kita masing-masing, karena itulah yang dapat mencegah agar kebebasan yang yang kita miliki sebagai seorang mahasiswa dapat dipergunakan dengan baik dan tidak disalah gunakan.

cara untuk membentuk komitmen dengan diri kita sendiri adalah dengan membuat visi dan misi yang jelas untuk menempuh perjalanan hidup kita masing-masing. dengan begitu kita akan selalu ingat apa tujuan hidup dengan merancang target-target yang hendak kita capai dalam menggapai tujuan tersebut, jangan sampai visi dan misi hidup kita gagal. dan itu membutuhkan managemen waktu yang baik.

seorang mahasiswa harus mampu untuk mengatur waktunya. seprti yang saya jelaskan diatas bahwa menjadi seorang mahasiswa itu bebas tanpa ada yang mengingatkan, termasuk mengingatkan dan memanage waktu kita. setiap detik yang kita lalui itu sangat berharga, jika kita sedikit terlena dalam memanfaatkan waktu yang terus berjalan ini, maka kita akan merugi.

sebagai seorang mahasiswa tidak semudah apa yang kita bayangkan ketika kita masih duduk dibangku SMA bahwa menjadi mahsiswa itu sangat bebas, kita bisa melakukan apapun yang kita suka, namun kebebasan itu justru akan lebih berhaya apabila kita tidak mempunyai komitmen dengan diri kita masing-masing. jadi,  utnuk membentuk komitmen dengan diri sendiri itu diperlukan visi misi hidup yang jelas, ada target untuk menggapai tujuan kita di masa depan serta bagaimana mengatur waktu secara efisien.

semoga bermanfaat ^_^


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analis film I Not Stupid Too Menurut Teori Psikologi

Review film I Not Stupid Too Film ini menceritakan tentang persahabatan dua orang remaja yang bernama Tom dan Chenchai, mereka adalah murid di sekolah “Singaphore High School”, mereka termasuk murid yang bandal di sekolah namun mereka sebenarnya adalah anak yang pintar, namun karena guru dan orang tua yang salah dalam mendidik jadilah mereka yang seperti itu. Dimulai dari sekolah, mereka yang berada di dalam suatu kelas regular dengan seorang guru yang selalu fokus pada kekurangan mereka, selalu memarahi murid-muridnya ketika tidak mengerjakan PR dan mendapat nilai yang buruk. Ada salah seorang guru bahasa china yang tidak bisa mengajar dengan baik di kelas, metode pembelajaran beliau disamakan dengan metode belajarnya dulu ketika beliau bersekolah, sehingga pembelajaranya pun susah dimengerti oleh murid-muridnya. berbeda dengan kelas lain , murid-muridnya berkata bahawa “rumput tetangga memang lebih nikamat,” Merka sangat iri terhadap kelas tetangga dengan guru yang selal

tata cara sholat hajat dan tasbih.

bagi  semua sobat-sobat  dunia maya ku yang emang masih asing dengan sholat hajat dan sholat tasbih, disini saya akan bagiin sedikit pengetahuansaya  tentang bagaiman cara sholat malam khususnya sholat hajat dan sholat tasbih. tujuan aku nilis ini adalah karena aku adalah orang yang pelupa. jadi.. untuk mengabadikan pengalaman dan agar bisa inget sampai nanti aku sengaja nulis ini diblog. dan mudah-mudahan bukan hanya bermanfaat untuk diriku sendiri. tapi juga bermanfaat buat orang lain.           sebelum aku menjelaskan tata cara sholat hajat dan tasbih aku akan menceritakan sedikit pengalaman saya ketika pertama kali saya mengenal dua sholat tersebut, ketika saya nulis ini adalah malam terakhir bulan ramadhan. dan pada bulan inilah aku pertama kali mengenalnya. acara rutin yang biasa dilakukan keluarga aku adalah ziarah, ziarah ke makan wali terdekat, tapi ramadhan kali ini beda. aku, ayah dan ibu ku pergi ke tempat yang agak jauh, yaitu ke sunan bonang tuban. kami iktikaf di masj