Langsung ke konten utama

tata cara sholat hajat dan tasbih.

bagi  semua sobat-sobat  dunia maya ku yang emang masih asing dengan sholat hajat dan sholat tasbih, disini saya akan bagiin sedikit pengetahuansaya  tentang bagaiman cara sholat malam khususnya sholat hajat dan sholat tasbih.
tujuan aku nilis ini adalah karena aku adalah orang yang pelupa. jadi.. untuk mengabadikan pengalaman dan agar bisa inget sampai nanti aku sengaja nulis ini diblog. dan mudah-mudahan bukan hanya bermanfaat untuk diriku sendiri. tapi juga bermanfaat buat orang lain.
          sebelum aku menjelaskan tata cara sholat hajat dan tasbih aku akan menceritakan sedikit pengalaman saya ketika pertama kali saya mengenal dua sholat tersebut,
ketika saya nulis ini adalah malam terakhir bulan ramadhan. dan pada bulan inilah aku pertama kali mengenalnya. acara rutin yang biasa dilakukan keluarga aku adalah ziarah, ziarah ke makan wali terdekat, tapi ramadhan kali ini beda. aku, ayah dan ibu ku pergi ke tempat yang agak jauh, yaitu ke sunan bonang tuban. kami iktikaf di masjid agung Tuban.  saya memang sudah sering mendengar tentang dua sholat malam itu. tapi saya sama sekali belum pernah  mencobanya, dan pada saat itulah orang tua saya mulai mengajarkan dua sholat itu.. mampung masih anget-angetnya di otak jadi aku rasa aku harus menulis  ini di buku dan di blog saya.
      nah, berikit ini adalah tata cara sholat khajat dan tasbih. simak baik-baik yaa..
sholat khajat :
sebenarnya, sholat khajat itu sama aja seperti sholat tahajut,  bedanya sholat tahajut lebih baik dikerjakan setelah tidur malam tapi kalau khajat ga tidur juga ga papa. bahkan dilakukan siang hari juga boleh kecuali setelah sholat asar dan subuh. . sholat khajat itu dilakukan ketika kita sedang memiliki khajat atau keperluan, baik duniawi maupun ukhrawi, sholat khajat paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 11 rakaat.
1. niat khajat dalam hati tentunya dengan hati yang khusyu'.
2. baca iftitah dan alfatihah seperti sholat biasa. dan setelah baca sholat alfatihah baca surat alkafirun 10 kali.
3. seperti rakaat pertama, membaca alfatihah terlebih dahulu tapi bukan surat alkafirun lagi yang dibaca, tapi surat al ikhlas 10 kali
4. setelah salam sujud kembali satu  kali dengan membaca :

  • tasbih 10 kali
  • sholawat nabi 10 kali
  • khauqolah 10 kali
  • doa sapu jagat 10 kali
sholat tasbih :
sholat tasbih dikerjakan 4 rakaat, jika dikerjakan pada siang hari maka dengan 4 rakaat dengan satukali salam, tapi jika malam hari 4 rakaat dengan 2 kali salam. 
1. niat sholat tasbih bersama dengan takbiratul ikhram. 
2. rakaat pertama ketika berdiri, setelah membaca alfatihah dan surat pendek membaca tasbih 15 kali 
3. ketika rukuk, stelah membaca tasbihnya rukuk membaca tasbih 10 kali
4. setelah i'tidal tasbih 10 kali
5. setelah sujud pertama 10 kali
6. setelah duduk diantara 2 sujud 10 kali 
7. setelah sujud yang ke dua 10 kali
8. duduk istirahat sebelum berdiri 10 kali. 
9. rakaat selanjutnya sama seperti yang diatas. 

          

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analis film I Not Stupid Too Menurut Teori Psikologi

Review film I Not Stupid Too Film ini menceritakan tentang persahabatan dua orang remaja yang bernama Tom dan Chenchai, mereka adalah murid di sekolah “Singaphore High School”, mereka termasuk murid yang bandal di sekolah namun mereka sebenarnya adalah anak yang pintar, namun karena guru dan orang tua yang salah dalam mendidik jadilah mereka yang seperti itu. Dimulai dari sekolah, mereka yang berada di dalam suatu kelas regular dengan seorang guru yang selalu fokus pada kekurangan mereka, selalu memarahi murid-muridnya ketika tidak mengerjakan PR dan mendapat nilai yang buruk. Ada salah seorang guru bahasa china yang tidak bisa mengajar dengan baik di kelas, metode pembelajaran beliau disamakan dengan metode belajarnya dulu ketika beliau bersekolah, sehingga pembelajaranya pun susah dimengerti oleh murid-muridnya. berbeda dengan kelas lain , murid-muridnya berkata bahawa “rumput tetangga memang lebih nikamat,” Merka sangat iri terhadap kelas tetangga dengan guru yang selal