Langsung ke konten utama

fakta lebaran


Apa sih lebaran itu,,,
Apakah dengan membeli baju baru, sepatu baru dan berbagai macam makanan itukah yang disebut dengan lebaran?
perlu kalian tau, bukan itu yang disebut dengan lebaran. Lebaran itu merupakan sebuah hari kemenangan untuk semua orang muslim di dunia. apa sih arti kemenangan itu.. setelah sebulan penuh kita disibukkan dengan beribadah, berpuasa menahan lapar, menahan nafsu dan amarah kita, dan akhirnya semua itu telah berujung pada hari dimana kita semua akan kembali fitri. Dan hal itu selalu identik dengan saling berkunjung antar keluarga, tetangga, teman, sanak saudara agar membuka hati untuk saling memaafkan.
Salah satu tujuan kita puasa adalah agar kita bisa merasakan bagaimana rasanya menjadi orang miskin yang setiap harinya merasakan kelaparan, agar kita sebagai manusia tak itu tak hanya memandang keatas, kita dikasih tau bahwa masih banyak manusia-manusia dibawah kita. tapi apa yang terjadi? Karena perspektif yang salah mengenai lebaran itu semua malah berdampak kepada orang-orang miskin itu sendiri. Perspektif itu adalah lebaran yang identik dengan barang-barang yang serba baru. Semua orang disibukkan dengan shopping untuk mencari perlengkapan lebaran. Sedangkan yang terjadi pada orang miskin, apa yang harus mereka lakukan. Kecemasan mulai merajalela di kalangan orang miskin karena tuntutan dari perspektif tersebut, mereka berpikir bagaimana mereka bisa menyamai dengan apa yang dilakukan orang-orang disekitarnya, bagaimana mereka bisa membelikan baju baru untuk anak istrinya, bagaimana caranya supaya keluarga mereka ga malu ketika hari lebaran itu tiba. Itu semua malah akan memberatkan orang muslim miskin di dunia ini. Dan apakah kalian tau apa yang terjadi selanjutnya.. tindakan kriminal mulai merajalela, kasus bunuh diri semakin bertambah, dan lain sebagainya. Mereka mulai menghalalkan segala cara untuk memenuhi kebutuhanya.
Oleh karena itu, seberapa pun rizki yang kita peroleh harus tetap disyukuri.  hilangkan pikiran tantang perspektif itu. bukan baju dan spatu saja yg baru, tapi yang pertama adalah hati kita, perbarui hati dan jiwa kita dengan kepribadian yang lebih baik. Kita harus selalu sadar dan ingat tujuan awal kita berpuasa. Jangan Cuma ikut-ikutan ataupun takut ga puasa gara-gara takut di gunjing orang lain, tapi dari hati nurani kita masing-masing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analis film I Not Stupid Too Menurut Teori Psikologi

Review film I Not Stupid Too Film ini menceritakan tentang persahabatan dua orang remaja yang bernama Tom dan Chenchai, mereka adalah murid di sekolah “Singaphore High School”, mereka termasuk murid yang bandal di sekolah namun mereka sebenarnya adalah anak yang pintar, namun karena guru dan orang tua yang salah dalam mendidik jadilah mereka yang seperti itu. Dimulai dari sekolah, mereka yang berada di dalam suatu kelas regular dengan seorang guru yang selalu fokus pada kekurangan mereka, selalu memarahi murid-muridnya ketika tidak mengerjakan PR dan mendapat nilai yang buruk. Ada salah seorang guru bahasa china yang tidak bisa mengajar dengan baik di kelas, metode pembelajaran beliau disamakan dengan metode belajarnya dulu ketika beliau bersekolah, sehingga pembelajaranya pun susah dimengerti oleh murid-muridnya. berbeda dengan kelas lain , murid-muridnya berkata bahawa “rumput tetangga memang lebih nikamat,” Merka sangat iri terhadap kelas tetangga dengan guru yang selal

penyesalan

beberapa kali penyesalan itu datangkarena kita terlalu takut untuk menghadapi  sesuatu, kita terlalu takut untuk mengambil resiko. namun kebanyakan orang beralasan hanya karena mereka tidak ingin gegabah dalam memutuskan sesuatu, karena terkadang ketika kita terlalu cepat dalam memutuskan sesuatu hal itu akan berakhir dengan penyesalan, hanya karena sebuah kecerobohan, padahal tidak selamanya keputusan yang kita ambil itu akan berakhir dengan tragis, bahkan penyesalan itu juga akan datang ketika kita terlalu lama mengambil sebuah keputusan hanya karena kita takut untuk memilih dan menghadapi resiko terhadap apa yang sudah kita pilih. saya kira semua orang pasti pernah mengalami hal semacam itu,   namun apakah selamanya kita akan berhati-hati untuk tidak mengambil resiko ? kapan kita akan berani menjalani segala resiko atas keputusan yang aku ambil ? padahal kita tau bahwa hidup itu penuh dengan pilihan, dan pilihan itulah yang akan menentukan masa depan kita sama halnya seperti